Rabu, 20 Februari 2013


 
4
Sosiologi SMA/MA Kelas XI 
struktur itu dianggap sesuai oleh warga masyarakat. Sungguh sangat sulit untuk dibayangkan, bagaimana proses itu berlangsung dari awal hingga tahap akhir.Namun demikian secara ringkas proses itu dapat diuraikan sebagai berikut.
a.Tahap Awal
Tahap awal dari proses terbentuknyastruktur sosial masyarakat, secaramendasar bersamaan dengan prosesterbentuknya masyarakat tersebut. Padaawalnya ketika manusia masih hidupberpindah-pindah dan bergerombolmembentuk kelompok-kelompok etnis,struktur sosial seolah-olah hanya berfungsisebagai sarana pembagian tugas untuk menyelenggarakan kehidupan bersamadalam kelompok itu.Proses awal ini terus-menerus meng-alami perkembangan, sehingga masya-rakat tersebut menjadi suku bangsa dalam jumlah besar dan bahkan menjadibangsa yang besar. Dalam tahap awal, struktur sosial telah terbentuk sebagaisarana pengaturan tata hubungan antarindividu dalam masyarakat. Masyarakatterus-menerus mengalami perubahan yang disebabkan oleh pengaruh internmaupun pengaruh ekstern. Perubahan ini dapat menimbulkan inkulturasi(pembudayaan) untuk mengakomodasi keadaan yang muncul atau dapatmenimbulkan destrukturasi akibat adanya pergolakan ataupun revolusi sosial. Disinilah struktur sosial akan bergerak dan berubah menuju perkembangan yanglebih baik. Struktur sosial ini berisi susunan kedudukan dan peran orang-orangdalam masyarakat baik dalam dimensi vertikal maupun dalam dimensi horizontal.
b.Tahap Perkembangan
Pada dasarnya struktur sosial suatumasyarakat akan terus mengalamiperkembangan, karena mendapatkanmasukan atau pengaruh dari struktur-struktur masyarakat yang lain. Masukandan pengaruh tersebut memungkinkanterjadinya adopsi dari struktur masyarakat yang satu terhadap struktur masyarakat yang lain. Proses perubahan ini me-mungkinkan terjadinya kesesuaian yanglebih baik dan yang sesuai dengan tingkatperadaban masyarakat. Struktur sosialsuatu masyarakat senantiasa mengalamiperkembangan sejalan dengan perkem-bangan tingkat peradaban masyarakat itu
Sumber: Indonesian Heritage dan dokumentasi Haryo 
Gambar 1.2
Perkembangan masyarakat kearah yang lebih maju adalah contoh dari prosesberkembangnya struktur sosial masyarakat.
Sumber: Encarta encyclopedia, 2006 
Gambar 1.1
Kehidupan di kelompok sukuatau etnis tertentu adalah contoh prosespembentukan struktur sosial tahap awal.Gambar 1.1 ditambah gambarkehidupan sebuah suku/kelompok etnis tertentu
 
Struktur Sosial 
5
sendiri. Dengan demikian ada kecenderungan untuk berubah dalam rangkamemperoleh efisiensi dan efektivitas sebagai sarana pengaturan sistem tatahubungan dalam masyarakat.Contoh perubahan dari tahap awal ke tahap perkembangan adalah padamasyarakat yang berbudaya primitif, kehidupan berkelompok merupakankebutuhan bersama yang berproses secara alamiah untuk bertahan hidup. Disinilah awal tumbuhnya struktur sosial yang berdasar hukum alam. Makinberkembangnya peradaban masyarakat yang didukung oleh kemajuan ilmupengetahuan dan teknologi menyebabkan masyarakat juga mengalamiperkembangan ke arah struktur sosial yang lebih efektif. Dalam prosesperkembangan struktur sosial inilah terjadi pula proses perubahan danpenyempurnaan secara hierarki, baik dalam pembagian status dan peranmaupun dalam struktur kekuasaan dan wewenang. Contoh, negara Indonesiatelah mengalami perubahan struktur sosial dalam pengaturan kekuasaan dan wewenang, yaitu dari sistem feodalisme, sistem kolonialisme, dan sistemdemokrasi yang berkembang hingga sekarang.Perubahan-perubahan struktur sosial ini dipengaruhi oleh beberapa faktorantara lain sebagai berikut.
1)Faktor Interna
Kondisi-kondisi dari dalam masyarakat baik kondisi fisik maupun kondisi-kondisi sosial budaya dapat diartikan sebagai faktor-faktor internal yang dapatmemengaruhi perkembangan struktur sosial suatu masyarakat. Kondisi-kondisi itu antara lain:a)adanya dorongan untuk lebih memenuhi kebutuhan sesuai denganperkembangan zaman yang ada,b)adanya penemuan baru yang dirasa lebih cocok dan lebih efektif, danc)adanya gerakan sosial yang dimotori oleh tokoh-tokoh masyarakat dandidukung oleh masyarakat luas.
2)Faktor Eksterna
Kondisi eksternal adalah semua kondisi yang berasal dari luar masyarakat.Kondisi ini dapat diperoleh melalui proses hubungan timbal balik antaramasyarakat yang satu dengan masyarakat lainnya yang berlangsung secaraintensif. Kondisi ini sangat memungkinkan terjadinya asimilasi dan akulturasibudaya. Adapun faktor-faktor eksternal tersebut antara lain sebagai berikut:a)adanya keinginan untuk meniru kebudayaan masyarakat lain yang dirasalebih cocok danb)adanya penyesuaian-penyesuaian terhadap perubahan-perubahan yangterjadi pada lingkungan alam.
c.Tahap Akhir
Sesungguhnya proses perubahan struktur sosial suatu masyarakat bolehdikatakan tidak mengalami awal dan akhir. Struktur sosial secara fungsionaldikatakan memasuki tahap akhir apabila struktur sosial tersebut implementasinya
 
6
Sosiologi SMA/MA Kelas XI 
telah membentuk keharmonisan tata hubungan antarkomponen masyarakat didalamnya. Contoh bentuk struktur tahap perkembangan dan tahap akhir adalahdalam struktur sosial pemerintahan Indonesia di awal kemerdekaan mengalamiperkembangan dari sistem pemerintahan orde lama, pemerintahan orde baru,dan berkembang menjadi pemerintahan era reformasi yang dianggap memilikinilai-nilai struktur sosial yang sesuai dengan undang-undang dan harapanmasyarakat.Tanda-tanda bahwa suatu struktur sosial telah memasuki tahap akhir, antaralain sebagai berikut.1)Struktur sosial itu telah disepakati oleh kalangan masyarakat luas.2)Struktur sosial itu telah dipakai dalam suatu kurun waktu dan berdasarkanpengalaman telah terbukti memiliki fungsi yang efektif dan memberikankontribusi dalam tata hubungan antarindividu dalam masyarakat.3)Struktur sosial tersebut telah menjadi satu dengan budaya masyarakat, bahkantelah mengakar dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.4)Struktur sosial tersebut dipandangtelah sesuai, sehingga masyarakat ber-usaha untuk mempertahankan struk-tur sosial tersebut.5)Struktur sosial akan terus diperta-hankan karena telah menjadi ciri khasmasyarakat tersebut, sehinggamemberikan warna yang berbeda darimasyarakat yang lain. Apabila kita perhatikan struktur sosialpada masyarakat modern seperti sekarangini, maka bangunan abstrak masyarakat kitasekarang ini sangat kompleks dilihat darihierarki kekuasaan, hierarki ekonomi,maupun hierarki sosial budaya. Pada dasar-nya proses terbentuknya struktur sosialsuatu masyarakat tidak pernah berakhir,sebab aktivitas dan perubahan-perubahandi dalam masyarakat terus-menerus meng-alami perubahan dan perkembangan. Padahakikatnya struktur sosial dikatakan telahberakhir prosesnya pada saat anggotamasyarakat telah memandang baik dancocok terhadap struktur sosial yang dimiliki-nya, sehingga tidak lagi ada proses peru-bahan dalam struktur sosial tersebut.
Sumber: Gatra, 29Januari 2005 
Gambar 1.3
Perkembangan masyarakat darimasa orde lama ke orde baru dan akhirnyasampai era reformasi, merupakan prosesberlangsu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar